RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA
KELAS
/ SEMESTER : XI / II
PROGRAM/
PROG. KEAHLIAN : -
MATA
PELAJARAN / TEMA : BIOLOGI
ALOKASI
WAKTU : 5 X 45 MENIT ( 3 x PERTEMUAN )
B.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia
dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya
pada Salingtemas
C.
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran
darah
D. INDIKATOR
-
Menjelaskan
hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
-
Membuat
skema proses pembekuan darah
-
Menjelaskan
hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
-
Menjelaskan
hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya
-
Menggambarkan
lintasan peredaran darah pada manusia
-
Menjelaskan
sistem limfe
-
Mendeskripsikan
hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
-
Mendiskripsikan
gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
-
Mendeskripsikan
sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
-
Membandingkan
sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
-
Siswa
dapat membuat skema proses pembekuan darah
-
Siswa
dapat menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
-
Siswa
dapat menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya
-
Siswa
dapat menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
-
Siswa
dapat menjelaskan sistem limfe
-
Siswa
dapat mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
-
Siswa
dapat mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran
darah manusia
-
Siswa
dapat mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
-
Siswa
dapat membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
F.
PENGEMBANGAN
KARAKTER
- Jujur
- Kerja keras
- Toleransi
- Rasa ingin tahu
- Komunikatif
- Menghargai prestasi
- Tanggung Jawab
- Peduli lingkungan
G.
MATERI PEMBELAJARAN
SISTEM
PEREDARAN DARAH
Tahukah kamu bahwa didalam tubuh terdapat lebih kurang lima liter
darah yang mengalir tiada henti? Darah adalah sungai kehidupan dalam tubuh
kita. Jika kita kehilangan banyak daraah, maka nyawa kita akan terancam, bahkan
dapat mengakibatkan kematian.
Darah mempunyai banyak fungsi vital,
mulai dari sebagai ‘kendaraan’ hormone, oksigen, hingga limbah metabolism.
Darah juga bisa membunuh bibit penyakit. Apabila aliran darah ke otakmu
terganggu, dalam sepuluh detik kamu akan pingsan.
Dalam hidupnya, organism memerlukan
makanan dan oksigen untuk melangsungkan metabolisme. Proses metabolism, selain
menghasilkan sampah (zat sisa) yang harus dikeluarkan dari tubuh. Bahan-bahan
yang diperlukan tubuh seperti makanan dan oksigen serta hasil metabolism dan
sisa-sisanya, diangkt dan diedarkan di dalam tubuh melalui sistem peredaran
darah. Hasil pencernaan makanan dan oksigen diangkut dan diedarkan oleh darah
ke seluruh jaringan tubuh dan sebaliknya.
A.
Peredaran darah pada manusia
Ada dua macam peredaran darah dalam
tubuh manusia.peredarah darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru
melewati arteri pulmonalis dan kembali ke serambi kiri jantung melewati vena
pulmonalis disebut peredaran darah kecil. Sedangkan peredaran darah dari bilik
kiri jantung ke seluruh tubuh melalui aorta dan akhirnya kembali ke serambi
kanan jantung melalui vena kava disebut peredaran darah besar. Oleh karena pada
manusia terdapat dua macam peredarah darah tersebut, maka manusia dikatakan
memiliki peredaran darah ganda.
B.
Peredarah darah hewan
Pada hewan metazoan (bersel banyak)
tingkat tinggi, seperti juga manusia, peredaran darahnya melalui pembuluh.
Sistem transportasi hewan metazoan disusun oleh organ-organ berupa jantung,
pembuluh darah, dan darah.
Pada hewan tingkat tinggi terdapat
dua tipe sistem peredaan darah, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem
peredaran darah tertutup. Sistem peredaran darah pada vertebrata dibedakan
menjadi dua macam, yakni sistem peredaran darah dan sistem limfatik (peredaran
getah bening). Sistem sirkulasi pada vertebrata ada dua macam, yaitu sistem
peredaran darah terbuka pada limfa fan sistem darah tertutup pada darah.
Sistem peredaran darah pada
invertebrate berbeda dengan vertebrata dalam hal ada tidaknya pusat koordinasi
peredaran. Pada invertebrate tidak dijumpai suatu pusat koordinasi peredaran.
H.
ALOKASI WAKTU
1.
7 x 45 menit (4 x pertemuan) Jumlah pertemuan 7 x 45 menit dialokasikan untuk 4 kali pertemuan
2.
Pertemuan
1 : mencapai indikator 1,2 dan 8
Pertemuan 2 : mencapai indikator 3,4 dan 5
Pertemuan 3 : mencapai indikator 6 dan 7
Pertemuan
4 : mencapai indicator 9 dan 10
I.
METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.
Model Pembelajaran : Langsung menggunakan media (gambar)
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Penugasan
c.
Presentasi
d.
Tanya jawab
Pertemuan
kedua
1.
Model Pembelajaran : Langsung (dengan torso)
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Penugasan
c.
Tanya jawab
Pertemuan
ketiga
1.
Model Pembelajaran : Langsung dan
Kooperatif tipe berbasis masalah
2.
Model Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Mengumpulkan data
c.
Eksperimen
d.
Hipotesis
e.
Pemecahan masalah
f.
Tanya jawab
Pertemuan
keempat
3.
Model Pembelajaran : Langsung dan Model
Bertukar Pasangan
4.
Model Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Berdiskusi
c.
Presentasi
d.
Berdiskusi
J.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apa yang dimaksud dengan peredaran darah?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø Elaborasi (45 menit).
· Guru
menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh
guru sesuai dengan indikator.
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
Pertemuan
kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apa yang dimaksud dengan pembekuan darah?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit).
· Guru
menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh
guru sesuai dengan indikator.
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
Pertemuan
ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apa yang dimaksud dengan sistem limfa?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit).
· Guru
memberikan masalah : “Apa perbedaan sistem limfa dan sistem limfatik?”
· Guru
membantu siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, mengeksperimenkan data,
pengumpulan data, hipotesis dan pemecahan masalah.
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
Pertemuan
keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apa perbedaan dari sistem sirkulasi pada vertebrata dan pada
invertebrata?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 30 menit )
Ø Eksplorasi (5 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (10 menit).
· Guru
membentuk pasangan berdasarkan teman sebangku yang terdiri dari 2 orang.
· Guru
menugaskan setiap siswa pada setiap kelompok
Siswa
pertama : “Jelaskan sistem sirkulasi pada hewan vertebrata!”
Siswa
kedua : “Jelaskan sistem sirkulasi pada hewan
vertebrata!”
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan setiap pasangan untuk bertukar untuk bertukar pasangan dengan
pasangan lain.
· Setiap
siswa berdiskusi kembali dengan pasangan barunya tentang materi yang telah
didiskusikan sebelumnya.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
K.
SUMBER PEMBELAJARAN
-
Buku kerja Biologi
2A, Lgn, Kristiyono, Esis
-
Buku Biologi XI,
Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab V
-
Koran, majalah ,
jurnal buku, sumber, dan invormasi.
-
Hewan vertebrata
L.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Tehnik penilaian pada saat proses
diskusi yaitu dengan mengikuti poin-poin yang mencakup nilai kognitif, afektif,
serta psikomotor
1.
Jenis tugas evaluasi : tertulis esay
2.
Alat penilaian : soal dan kunci jawaban
a.
Proses
·
Lembar observasi
Hari/
Tanggal :
Kelas/Semester
: XI / 2
|
|
Aspek
yang dinilai
|
NILAI
|
|||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
|
|||||||
|
|
KB
|
KM
|
KMn
|
KK
|
D
|
S
|
A
|
So
|
Trtb
|
Keb
|
|
1.
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
:
KB : kemampuan bertanya S : sikap
KM : kemampuan menjawab A : aktiv
KMn
: kemampuan menerima
KK
: kemampuan kerja sama
D : disiplin
I. LEMBAR TUGAS
SISWA
Pertemuan pertama
Gambar lintasan peredaran darah pada manusia.
SOAL
1.
Jelaskan sistem peredaran darah yang
terjadi!
2.
Sebutkan nama setiap organ yang dilalui
oleh darah!
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
|
benar / tidak
|
|
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. LEMBAR TUGAS
SISWA
Peredaran Darah Katak
A.
Tujuan
Mengamati
peredaran darah pada katak
B.
Alat
dan Bahan
1.
Kecebong katak hijau
2.
Kapas
3.
Mikroskop
4.
Cawan petri/kaca objek cekung
C.
Cara
kerja
1.
Siapkan mikroskop dan kecebong yang akan
diamati.
2.
Siapkan sebuah cawan petri yang
didalamnya diberi kapas basah.
3.
Letakkan kecebong diatas kapas dan amati
dengan mikroskop pada bagian ekor.
Perhatikan jalannya alira darah!
D.
Pertanyan
1.
Bagaimanakah aliran darah pada katak,
menyebar atau terletak di tempat tertentu?
2.
Menurutmu, termasuk sistem peredaran
darah apakah hal di atas, terbuka atau tertutup?
3.
Gambarkan secara skematis sistem
peredaran darah katak dan keadaan jantungnya!
4.
Bagaimanakah kandungan oksigen dan
karbon dioksida pada darah katak ketika berada di jantung dan di paru-paru?
Jelaskan!
5.
Apakah perbedaan antara peredaran darah
katak dan peredaran darah belakang?
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
|
benar / tidak
|
|
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
(Evaluasi
Akhir/Ulangan Bab)
(1) Tehnik : Tes
Ragam : Tes tertulis – Pilihan ganda + uraian
(2)
Butir soal :
1. Komponen
darah yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbon dioksida adalah . . .
a. Limfosit b.Eritrsosit
c. Trombosit d. Leukosit
2. Selaput
luar pembungkus jantung adalah . . .
a. Perikondria b. Perikardia
c. Pleura d.
Endokardia
3.Kemampuan
sel darah putih untuk keluar dari pembuluh darah disebut . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat.... kalo ada yang salah,, mungkiin ada kritik dan sebagaiinya.. komenn aja, sebagai masukan. terima kasih.