RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA
KELAS
/ SEMESTER : XI / II
PROGRAM/
PROG. KEAHLIAN : -
MATA
PELAJARAN / TEMA : BIOLOGI
ALOKASI
WAKTU : 5 X 45 MENIT ( 3 x PERTEMUAN )
B.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia
dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya
pada Salingtemas
C.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem gerak pada manusia
D. INDIKATOR
-
Menjelaskan
struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia.
-
Menggambar
hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
-
Menggambarkan
struktur persendian
-
Menghubungkan
berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
-
Mendeskripsikan struktur tulang
-
Menjelaskan
struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
-
Mengidentifikasi
berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia.
-
Siswa
dapat menggambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
-
Siswa
dapat menggambarkan struktur persendian
-
Siswa
dapat menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
-
Siswa
dapat mendeskripsikan struktur tulang
-
Siswa
dapat menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada
manusia
-
Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem
gerak manusia
F.
PENGEMBANGAN
KARAKTER
- Jujur
- Kerja keras
- Toleransi
- Rasa ingin tahu
- Komunikatif
- Menghargai prestasi
- Tanggung Jawab
- Peduli lingkungan
G.
MATERI PEMBELAJARAN
SISTEM
GERAK MANUSIA
Baik disadari
maupun tidak, tubuh kita selalu melakukan gerak. Bahkan seseorang yang memiliki
ketidaksempurnaan alat gerak pun tetap melakukan gerak. Saat kita tersenyum,
mengedipkan mata, atau bernapas sesungguhnya telah terjadi gerak yang
disebabkan oleh kontraksi otot.
Gerak tidak
terjadi begitu saja. Gerak terjadi melalui mekanisme yang rumit dan melibatkan
banyak bagian tubuh. Dalam bab ini kamu akan mempelajari komoponen apa saja
yang berperan dalam proses gerak serta bagaimana gerak terjadi.
1.
Tulang
Tulang mempunyai peranan penting karena
gerak tidak akan terjadi tanpa tulang. Di dalam tubuh kita ada dua macam tulang
berdasarkan jaringan penyusun dan sifat-sifat fisiknya, yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang (osteon). Pembentukan tulang terjadi
setelah terbentuk tulang rawan (katilago). Berdasarkan bentuknya terdapat tiga
macam bentuk utama tulang yang menyusun rangka tubuh, yaitu tulang pipa, tukang
pipih, dan tulang pendek. Selain itu, ada pula tulang tak terbentuk. Fungsi
tulang selain menyusun rangka yaitu :
a.
Member bentuk tubuh
b.
Melindungi alat tubuh yang vital
c.
Menahan dan menegakkan tubuh
d.
Tempat perlekatan otot
e.
Tempat menyimpan mineral terutama
kalsium dan fosfor
f.
Tempat pembentukan sel darah
g.
Tempat menyimpan energy, yaitu berupa
lemak yang tersimpan di sumsum kuning tulang.
Hubungan antar tulang ada 3 jenis yaitu
: sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Tulang-tulang dalam tubuh
membentuk sistem rangka. Kemudian sistem rangka ini bersama-sama menyusun
kerangka tubuh. Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi dua, yaitu
rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).
2.
Otot
Otot merupakan alat gerak aktif karena
kemampuannya berkontraksi. Otot memendek jika sedang berkontraksi dan memanjang
jika sedang berelaksasi. Berdasarkan bentuk morfologi, sistem kerja, dan
lokasinya dalam tubuh, otot dibedakan menjadi tiga, yaitu otot lurik, otot
polos, dan otot jantung. Otot dapat berkontraksi karena adanya rangsangan.
Umunya otot berkontraksi bukan karena satu rangsangan, melainkan karena suatu
rangsangan yang berurutan.rangsangan kedua memperkuat rengsangan pertama dan
rangsangan ketiga memperkuat rangsangan kedua. Dengan demikian terjadilah
ketegangan atau tonus yang maksimum. Tonus yang maksimum terus-menerus disebut
tetanus. Sifat kerja otot dibedakan menjadi dua yaitu antagonis dan sinergis.
H.
ALOKASI WAKTU
1.
5 x 45 menit (3 x pertemuan) Jumlah pertemuan 5 x 45 menit dialokasikan untuk 3 kali pertemuan
2.
Pertemuan
1 : mencapai indikator 1 dan 5
Pertemuan 2 : mencapai indikator 2,
3 dan 4
Pertemuan 3 : mencapai indikator 6
dan 7
I.
METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.
Model Pembelajaran : Langsung
(dengan torso)
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Penugasan
c.
Presentasi
d.
Tanya jawab
Pertemuan
kedua
1.
Model Pembelajaran : Langsung dan Model Pembelajaran Demonstrasi
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Menganalisis
d.
Presentasi
e.
Tanya jawab
f.
Menyimpulkan
Pertemuan
ketiga
1.
Model Pembelajaran : Langsung dan
Kooperatif tipe Inquiry
2.
Model Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Praktikum
c.
Penugasan
d.
Presentasi
e.
Tanya jawab
J.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apakah yang dimaksud tulang?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit).
· Guru
menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh
guru sesuai dengan indikator.
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
Pertemuan
kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (apa yang dimaksud dengan persendian?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit).
· Guru
menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah
disiapkan.
· Guru
memastikan siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisisnya
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil demonstrasi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·
Guru memberikan evaluasi.
Pertemuan
ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa (bagaimana struktur otot?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 30 menit )
Ø Eksplorasi (5 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit)
· Guru
membagi siswa menjadi 5 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang.
· Guru
menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi yang diberikan
oleh guru sesuai dengan indikator.
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
K.
SUMBER PEMBELAJARAN
-
Buku kerja Biologi
2A, lgn, Kristiyono, Esisi
-
Buku Biologi XI,
Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab IV
L.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Tehnik penilaian pada saat proses
diskusi yaitu dengan mengikuti poin-poin yang mencakup nilai kognitif, afektif,
serta psikomotor
1.
Jenis tugas evaluasi : tertulis esay
2.
Alat penilaian : soal dan kunci jawaban
a.
Proses
·
Lembar observasi
Hari/
Tanggal :
Kelas/Semester
: XI / 2
|
|
Aspek
yang dinilai
|
NILAI
|
|||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
|
|||||||
|
|
KB
|
KM
|
KMn
|
KK
|
D
|
S
|
A
|
So
|
Trtb
|
Keb
|
|
1.
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
:
KB : kemampuan bertanya S : sikap
KM : kemampuan menjawab A : aktiv
KMn
: kemampuan menerima
KK
: kemampuan kerja sama
D : disiplin
I. LEMBAR KERJA
SISWA
Pertemuan ketiga
Pengamatan
Mikroskopis Berbagai Macam Otot
A.
Tujuan
Memahami
struktur sel otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
B.
Alat dan Bahan
1.
Mikroskop dan kelengkapannya
2.
Sediaan segar atau awetan otot polos,
otot lurik, otot jantung.
3.
Gambar otot rangka dan otot lurik
manusia
C.
Cara kerja
1.
Amati secara bergantian ketiga preparat
otot dengan perbedarran lemah dan lanjutkan dengan perbesaran kuat.
2.
Gambarkan hasil pengamatanmu.
3.
Masukkan data dalam table.
Tabel
Pengamatan
NO
|
Sasaran pengamatan
|
Otot lurik
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
1
|
Bentuk
|
|
|
|
2
|
Inti
|
|
|
|
3
|
Reaksi terhadap rangsang
|
|
|
|
4
|
Sifat kerja
|
|
|
|
5
|
Tempat terdapat
|
|
|
|
D.
SOAL
1.
Apakah perbedaan antara otot polos, otot
lurik, serta otot jantung?
2.
Sebutkan contoh organ yang tersusun atas
otot lurik, otot polos, serta otot jantung!
3.
Gambarkan otot lurik dan tunjukkan
bagian yang terang dan gelap!
4.
Deskripsikan bagaimana mekanisme kerja
otot rangka!
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
|
benar / tidak
|
|
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. SOAL TUGAS EVALUASI (pekerjaan
rumah)
Pertemuan kedua
Jenis soal : esay
1.
Mengapa
otot disebut alat gerak aktif? Jelaskan!
2.
Sebutkan
senyawa kimia yang terkandung dalam otot sehingga otot memiliki kemampuan
berkontraksi!
3.
Dari manakah energy yang dipakai untuk melakukan
kontraksi otot?
4.
Apa
akibatnya bila otot mendapat rangsang secara terus menerus? Mengapa hal itu
dapat terjadi?
5.
Jelaskan dengan skema mekanisme terjadinya
kelelahan akibat kontraksi melakukan aktivitas! Apakah senyawa penyebab
kelelahan itu?
RUBRIK
PENILAIAN
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
|
benar / tidak
|
|
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
(Evaluasi
Akhir/Ulangan Bab)
(1) Tehnik : Tes
Ragam : Tes tertulis – Pilihan ganda + uraian
(2)
Butir soal :
1. Sendi
yang memungkinkan gerak ke segala arah adalah . . .
a. Sendi putar b. Sendi engsel
c. Sendiri peluru d.
Sendi
kejat
2. Tulang
kelangkang manusia terdiri dari ruas-ruas yang jumlahnya . . .
a. 4 ruas b. 6 ruas
c. 5 ruas d.
7
usus
3. Urat
otot yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi dinamakan . . .
a. Tendon c.
Insersio
b. Artikulasi d.
Osifikasi
4. Impuls
dari dalam atau luar untuk kontraksi otot diterima oleh . . .
a. Asetilkolin c. Sarkoplasma
b.Miofibril d. Aktomiosin
5. Sistem
gerak yang dilakukan oleh tulang manusia disebut . . .
a. Sendi b. Alat gerak pasif
c.Ligamentum d.
Alat
gerak aktif
essay
1.
Jelaskan
pembentukan tulang!
2.
Sebutkan
3 fungsi tulang?
3.
Sebutkan
dan jelaskan hubungan antartulang!
4.
Sebutkan
dan jelaskan 3 karakter otot!
5.
Jelaskan
perbedaan lambung pada manusia dan hewan mamalia!
KUNCI JAWABAN:
1.
A 2.
B 3. C 4. A 5.
D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat.... kalo ada yang salah,, mungkiin ada kritik dan sebagaiinya.. komenn aja, sebagai masukan. terima kasih.